Thursday, July 20, 2017

Kuliner Indramayu Bikin Lidah Bergoyang

Kalau berwisata ke satu daerah pasti dong nyari referensi wisata alam atau kalau doyan makan, pasti langsung cari wisata kuliner khas daerah yang sedang dikunjungi. Kegiatan ini selain asik juga bisa bikin kita kenal sama daerah tersebut lebih dalam.

Semakin kenal semakin cinta deh pokoknya. Ngomongin wisata, kali ni jonestrip bakal bahas tentang wisata kuliner khas dari Indramayu.

Hayoo.. kalian yang doyan makan tunjuk jari.

Sebetulnya kuliner khas indramayu ini buanyak banget, tapi menurut jonestrip ini dia makanan khas indramayu ter enak, ter endol markendol dan heavenly traditional food banget. Ini nih:

1. Pindang Gombyang




Karena Indramayu adalah daerah pesisir pantai, dimana kebanyakan warganya berprofesi sebagai nelayan, maka Indramayu punya ikan yang melimpah ruah. Salah satu yang paling terkenal dan enak adalah pindang gombyong.

Biasanya yang dibuat pindah gombyong ini bagian kepada ikan, karena kepala ikannya besar jadi kalian nggak usah khawatir, daging ikannya super banyak dan segar. Rasanya errr.. nulis soal makanan satu ini aja berhasil bikin ane ngiler.

Well, rasanya asam segar ada pedasnya. Daging ikannya super lembut. Makanan ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi ditempat dan bukan dibawa pulang sih.

Dan soal level pedas ini kalian bisa request sama yang jual, banyak dijual di rumah makan di pinggiran jalan pantura daerah indramayu ya guys.

Yang jelas makanan ini bakal menyelamatkan kalian dari ancaman tenggelamkan Ibu Susi Pujiastuti deh.

2. Rumbah


Makanan ter-endol kedua adalah rumbah. Yappp.. siapa yang tau rumbah bahasa mana hayooo??

Kalau didaerah jawa tengah mungkin namanya pecel kali ya. Kalau orang sunda mah bilangnya lotek.

Rumbah ini isinya sayuran, kaya kangsung, daun pepaya, dan tauge yang direbus dan disiram dengan kuah sambal kacang, kemudian ditambah sama suwiran gorengan bala-bala alian bakwan. Udah ngiler belum? Sama kok, nulis ini juga sambil ileran.


3. Burbacek

Nah kalau makanan yang satu ini pasti sulit ditemukan dikota lain. Namanya adalah Burbacek. Unik kan?

Nama burbacek itu kepanjangan dari bubur, rumbah, dan cecek. Cekcek itu semacam kikil ya guys. Jadi burbacek ini seperti yang dijelaskan merupakan hidangan bubur.

Kalau biasanya bubur dikasih taburan ayam, burbacek ini justru dikasih taburan kuah cekcek beserta kuahnya yang super duper yummy dan gurih karena dimasak dengan kelapa parut, kemudian dikasih tambahan sayuran kaya kangkung dan tauge yang sudah direbus.

Wiih sehat banget kan? dan nggak tau kenapa tiba-tiba ingat sama bubur khas manado haha. 

4. Pedesan Entog


Save the best for the last.
Dari semua kuliner diatas, kuliner yang namanya pedesan entog ini terfavorit banget dan banyak ditemukan didaerah indramayu, cirebon, dan tegal. Padahal sebetulnya kuliner ini adalah kuliner khas indramayu.

Buat kalian pecinta pedas, WAJIB banget nyobain kuliner satu ini. Pedesan entog terbuat dari entog dong, beda sama bebek ya, kalau entog biasanya lebih tebal kulitnya. Perawakan entog juga lebih bahenol dari bebek. Rasanya? jangan tanya, bikin melek.

Pedesan entog ini terkenal karena dimasak dengan banyak sekali cabai, jadi pedas dan bikin bibir merona. Karena proses memasak yang panjang, bumbunya juga dijamin meresap memenuhi tiap serat daging entognya.

Gimana gimana? penasaran nggak sama rasanya? Buruan main ke Indramayu. Jonestrip tunggu ya.