Tuesday, August 1, 2017

Al Zaytun , Pesantren Modern Terbesar Dan Termegah di Asia Tenggara

Salah satu gedung di kawasan pesantren Al Zaytun. Pict credit : ihwansalafy


Al Zaytun adalah sebuah Pesantren Modern terbesar dan termegah di Asia Tenggara dengan luas keseluruhan mencapai 1.200 Ha, Pondok Pesantren Terpadu tersebut menjadi pusat pendidikan dan pengembangan budaya perdamaian dengan berbagai kelengkapan fasilitasnya.

Oh ya, pesantren ini dibangun sejak tahun 1996 dan diresmikan langsung oleh Presiden ke-3 Indonesia, tau dong siapa? yap! Pak Habibie.

Konsep pendidikan yang ditawarkan oleh pesantren Al Zaytun ini hampir sama seperti pesantren modern lainnya yaitu menyatukan agama, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan olah raga.  Yah persis lah kaya pesannya Einstein:

Ilmu tanpa agama buta, dan agama tanpa ilmu lumpuh. 

Yang membuat pesantren ini jadi menarik adalah mereka menawarkan pesantren berwawasan lingkungan, karena selain konsep pendidikan yang ditawarkan diatas, pesantren ini juga menawarkan program agrikultur. Unik kan?

Hal unik lainnya adalah, kalau di pesantren lain umumnya pakai dua bahasa wajib, konon kabarnya pesantren ini pakai tiga bahasa yaitu arab, inggris, dan mandarin. Wah wah hebat sekali ya.

Oh ya, pesantren ini juga dari segi bangunannya sangat unik. Salah satu bangunan masjidnya mengingatkan kita sama masjid Haghia Sophia di Turki. Pesantren ini worth to visit banget sih, terlepas dari segala kontroversi yang ada.

Masjid rahmatan lil alamin pesantren Al Zaytun. Pict credit : Grya
Haghia Sophia Istanbul, Turki? BUKAN! itu Masjid Rahmatan Lil Alamin di kawasan pesantren Al Zaytun. Keren nggak tuh?

Kabarnya konsep arsitekturnya digagas oleh Dr. Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang yang memadukan banyak nilai budaya di dunia. Masjid ini juga sengaja dibangun ditengah kawasan pesantren dan dibuat sangat megah. Alasannya ya supaya sesuai dengan namanya yang melambangkan kebesaran Rahmatan lil alamin.

By the way, menurut sumber ternyata beberapa porosnya justru terinspirasi dari bangunan Tajmahal lho. Wah, benar-benar konsep arsitektur yang syarat nilai ya.

Oh ya, selain soal arsitektur, konsep pendidikan, ternyata ada banyak keuntungan juga yang akan kita dapat dengan sekolah di pesantren.

Salah satunya adalah ikatan kekeluargaan yang kuat. Yap, pesantren nggak cuma nawarin kita segudang ilmu nalar tapi juga ilmu sosial. Pesantren juga nggak cuma nawarin teman baru, tapi menawarkan keluarga baru. Gimana? kalian minat masuk pesantren?

  
Lokasi :
Desa Mekar Jaya Kecamatan Gantar Kabupaten Indrarmayu,