Friday, November 17, 2017

Danau Segara Anak

Secara harafiah, nama Segara Anak berarti anak laut, karena warna air dari danau yang terdapat di kaldera Gunung Rinjani ini berwarna biru seperti air laut.



Photo via Asoka Remadja


Di balik pesonanya, danau indah ini juga menyimpan sebuah mitos. Konon, jika danau ini tampak luas ketika Anda melihatnya secara langsung maka diyakini usia Anda akan panjang. Sebaliknya, jika danau ini terlihat kecil maka itu pertanda Anda akan berumur pendek.
Bagaimana, ingin melihat masa depan Anda?
Mitos tersebut hanyalah satu dari sekian mitos yang menyelimuti danau seluas 1,1 hektar yang terletak di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut ini.
Terlepas dari benar atau tidaknya, duduk berselonjor di tepi danau yang tenang dan sejuk ini sambil menyeruput minuman hangat setelah lelah mendaki berjam-jam, pasti akan membuat semua rasa gundah dan letih sirna seketika

Satu hal lagi yang menjadikan tempat ini istimewa adalah adanya sebuah gunung berapi aktif di tengah-tengah danau yang diberi nama Gunung Baru Jari yang memiliki ketinggian 2.376 meter di atas permukaan laut.
Untuk mencapai danau kawah di sisi barat Gunung Rinjani ini Anda harus menempuh setidaknya 8-10 jam berjalan kaki dari pos pendakian senaru.
Danau Segara Anak

Lokasi: Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Jl. Arya Banjar Getas, Lingkar Selatan, Mataram, Lombok Barat.
Telepon: 0370-641 155
Cara ke Sana: Dari Kota Mataram menuju Desa Senaru, yang jadi titik awal pendakian Gunung Rinjani berjarak sekitar 2,5 jam perjalanan.

Telepon: 0370-660 8874
Harga: USD 350/pax (Rinjani Lake Segara Anak 3 Days 2 Nights Package)
Tiket Masuk: Rp250.000,- per hari