Monday, December 4, 2017

Pulau eksotis dan pantai berpasir putih: Taman Nasional Karimunjawa, Jepara

Ingin liburan ke pulau tropis? Nggak terlalu jauh kok dari Semarang.
Yup, mumpung ke Semarang, jangan lupa sekalian mampir ke Jepara. Terletak sekitar 90 kilometer ke arah utara Semarang, Anda akan menemukan gugusan 27 pulau cantik yang siap untuk dieksplor. Beberapa diantaranya bahkan pulau tak berpenghuni!
Photo Via Mazayagalva
Tak seperti suasana metropolitan yang serba hiruk-pikuk, kehidupan di kepulauan ini berjalan amat santai. Anda pun bisa menginap di homestay yang banyak tersedia di pulau utama dan menyantap aneka sajian laut segar.
Photo Via Mazayagalva,-Nurburhan_Karimunjawa_Explore
Sebagai kawasan konservasi, Karimunjawa memiliki beragam koleksi fauna dan flora laut yang luar biasa. Dari gerombolan ikan-ikan berwarna-warni, terumbu karang, sampai aneka burung yang terbang bebas di angkasa.
Photo Via Tabuhantrip,-Vanessavk11
Jika ingin mencoba sesuatu yang menantang, cobalah berenang bersama ikan-ikan hiu di Pulau Menjangan Besar!
Photo Via Tiwitiwiku-Hernapardede-Arekjeporo-_Nitama
Selain pantai-pantai nan elok, di Karimunjawa juga terdapat Bukit Joko Tuwo, yaitu puncak tertinggi di pulau utama. Dari sini Anda bisa menyaksikan panorama Karimunjawa tanpa terhalang apapun. Asyik juga sebagai spot untuk menyambut matahari terbit!
Photo Via Marshela90
Photo Via Kokodearzo
Dan tahukah Anda? Di kepulauan ini juga terdapat kerangka dari ikan paus purba yang hidup di masa prasejarah!
Taman Nasional Karimunjawa

Cara ke Sana

Kapal feri untuk menyeberang langsung dari Semarang ke Karimunjawa jumlahnya sangat hterbatas, dan hanya ada 2 saja tiap bulannya. Anda harus pergi ke Jepara dulu (3 jam berkendara) di mana terdapat kapal cepat Express Bahari, yang berangkat setiap hari Senin, Selasa, Jumat dan Sabtu. Kapal ini berangkat tiap jam 9 pagi, jadi kami sarankan Anda jalan dari Semarang pukul 5 subuh menggunakan bis (ongkosnya sekitar Rp15.000,-). Dari terminal bisa lanjut ke pelabuhan menggunakan becak kurang lebih 10 menit perjalanan. Sebelum menyeberang, jangan lupa atur juga perjalanan untuk kembali ke Semarang.