Friday, February 9, 2018

Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser hampir semua kawasannya ditutupi oleh lebatnya hutan Dipterocarpaceae dengan beberapa sungai dan air terjun. Di dalam kawasan ini terdapat tumbuhan langka dan khas yaitu daun payung raksasa (Johannesteijsmannia altrifons) dan bunga Raflesia (raflesia atjehensis dan R.micropylora) serta Rhizanthes Zippelnii yang merupakan bunga terbesar dengan diameter 1,5 meter. Selain itu, banyak juga terdapat tumbuhan unik ara yang masuk dalam tipe tumbuhan pencekik.
Taman Nasional gnung leuser merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan pantai dan hutan hujan tropika dataran rendah sampai pegunungan. Nah, lalu apa yang bisa anda lakukan di tempat ini? Banyak. Disini anda dapat melakukan:
  • Disini anda akan menemukan berbagai jenis fauna yang cukup langka di Indonesia. Disini anda dapat menemukan monyet dengan gaya rambut mohawk, maupun harimau.
  • Disini ada tempat yang sangat indah yang layak anda nikmati, layaknya gua kelelawar, keindahan sawah, dan bentangan kebun karet.
  • Anda dapat mengunjungi desa Ketambe, dimana disini anda dapat menikmati meluncur dengan ban di sungai Alas.
  • Yang paling menantang adalah mendaki hingga ke Puncak Leuser. Untuk mencapai Puncak Leuser, dibutuhkan waktu hingga 14 hari lamanya. Nah, sebelum mendaki gunung Leuser ini, ada baiknya anda memperhatikan pantangan saat naik gunung terlebih dahulu.